Wednesday, May 22, 2013

Contoh Karya Ilmiah Tentang Pendidikan

Karya tulis ilmiah adalah salah satu jenis laporan tertulis yang disusun berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah. Isi dari karya tulis ilmiah ditulis berdasarkan hasil dari penelitian dan studi pustaka yang dilakukan oleh penulis. Sebuah karya tulis ilmiah juga harus disusun secara sistematis dan harus memiliki bagian-bagian tertentu. Berikut adalah beberapa bagian yang biasanya terdapat dalam Karya Tulis Ilmiah.

I. Pendahuluan
  • Latar Belakang
  • Rumusan Masalah
  • Tujuan Penelitian
  • Manfaat Penelitian
II. Landasan Teori

III. Metode Penelitian
  • Jenis Penelitian
  • Teknik Pengumpulan Data
  • Waktu dan Tempat Penelitian
  • Sampel dan Populasi
IV. Pembahasan

V. Penutup
  • Kesimpulan
  • Saran
DAFTAR PUSTAKA


BAB III
METODE PENELITIAN

1. Jenis Penelitian

Jika ditinjau dari penelitiannya, maka karya tulis ilmiah yang berjudul "Pengaruh Perpustakaan Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa SMA N 1 Bantul" adalah penelitian deskriptif (kualitatif). Penelitian kualitatif snediri bertujuan untuk memahami fenomena atau gejala sosial dengan lebih menitik beratkan pada gambaran yang lengkap tentang fenomena yang dikaji daripada memerincinya menjadi variabel-variabel yang saling terkait. Harapannya ialah diperoleh pemahaman yang mendalam tentang fenomena untuk selanjutnya dihasilkan sebuah teori. Karena tujuannya berbeda dengan penelitian kuantitatif, maka prosedur perolehan data dan jenis penelitian kualitatif juga berbeda.

2. Teknik Pengumpulan Data

Dalam suatu penelitian, penggunaan teknik pengumpulan data memiliki peran yang sangat penting. Dengan adanya pertimbangan dan berdasarkan permasalahan, maka dalam penelitian ini, kami menggunakan metode pengumpulan data dengan angket dan studi pustaka.
Angket dalam penelitian adalah pernyataan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden dalam arti Laporan tentang pribadinya atau hal – hal yang ia ketahui (Ari Kunto, 2002 : 128). Penggunaan angket dalam penelitian ini adalah angket langsung dan tertutup. Maksudnya, yaitu angket tersebut diberikan kepada responden secara langsung dan tanpa perantara dan sudah disediakan suatu jawaban sehingga responden tinggal memilih. Maksud dan penggunaan teknik angket ini adalah untuk mengetahui minat baca siswa dalam membaca buku perpustakaan sekolah.

3. Waktu dan Tempat Penelitian

Penelitian karya tulis ilmiah berjudul "Pengaruh Perpustakaan Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa SMA 1 Bantul" mengambil tempat di SMA N 1 Bantul yang beralamatkan di JL KH. Wakhid Hasyim 99 Bantul pada tanggal 25 April 2013.

4. Sampel dan Populasi

Subjek dalam penelitian karya tulis ilmiah berjudul "Pengaruh Perpustakaan Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa SMA 1 Bantul" adalah siswa-siswa SMA N 1 Bantul yang berjumlah 576 siswa dengan sampel siswa kelas XI IPS 1 dengan jumlah 18 siswa.

Untuk membaca karya ilmiah berjudul "PENGARUH PERPUSTAKAAN TERHADAP MINAT BACA SISWA SMA NEGERI 1 BANTUL" selengkapnya, silahkan download filenya melalui link Disini.

No comments:

Post a Comment