Monday, February 11, 2013

Manfaat melinjo untuk kesehatan



Manfaat melinjo untuk kesehatan


Melinjo (Gnetum gnemon Linn) adalah suatu spesies tanaman berbiji terbuka (gymnospermae) yang berbentuk pohon. Pohon ini banyak terdapat di Indonesia, sehingga diyakini bahwa pohon melinjo adalah asli Indonesia, dugaan ini terjadi karena melinjo konon katanya hanya bisa tumbuh di Asia Tenggara. Adapun daerah di Indonesia yang banyak membudidayakan pohon melinjo adalah Aceh dan sumatera. Selain di Indonesia, pohon melinjo kini mulai tersebar juga di kawasan Asia lainnya termasuk daerah Pasifik Barat.

Ada banyak julukan untuk pohon melinjo. Orang sunda menyebutnya tangkil, orang jawa menjulukinya mlinjo, orang kamboja menyebutnya Khalte, sementara bahasa Melayu menyebut melinjo sebagai bago.

Terus, apa yang menarik dari melinjo? Mungkin banyak orang yang tidak tahu bahwa melinjo bisa dimanfaatkan dalam pengobatan.
Berikut adalah beberapa contoh penggunaan melinjo untuk kesehatan.
 
1. Peluruh air  seni
Kukus 50 g kulit buah melinjo segar, lalu makan sekaligus.

2. Digigit anjing
Cuci bersih buah melinjo muda atau daun secukupnya, 2 siung bawang putih atau bawang merah, dan 1 jari temulawak. Tumbuk halus semua bahan hingga menjadi bubur, lalu balurkan pada luka gigitan anjing.

3. Penyakit mata, anemia dan busur lapar
Makan daun dan buah melinjo yang telah dimasak atau disayur.

Manfaat dan Khasiat Melinjo. Jika ada saran dan kritik jangan ragu untuk menyampaikan. Jika ada khasiat lain yang belum tertera silakan tinggalkan komentar dalam bentuk komentar di bawah ini semoga bermanfaat bagi kita semua.

No comments:

Post a Comment